Bali Terus Berbenah Sambut Turis Asing, Siapkan Fasilitas Hingga Simulasi

Pemerintah merencanakan pembukaan kembali penerbangan internasional pada 14 Oktober mendatang menyusul makin kondusifnya situasi Covid-19 di Bali.

Berbagai persiapan terus dilakukan me jelang pembukaan kembali kedatangan internasional ke Bali. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melaksanakan simulasi alur kedatangan untuk memastikan kesiapan seluruh stakeholder sebelum menyambut kedatangan wisatawan mancanegara.

Kegiatan simulasi itu berlangsung pada Sabtu, 9 Oktober lalu pukul 10.25 WITA dengan mensimulasikan rute Incheon Airport menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai. Simulasi dilakukan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 871 dengan mengangkut 90 penumpang.

Pada proses simulasi seluruh penumpang melalui tahapan di area kedatangan dan menggunakan protokol kesehatan ketat. Tahapan yang dilakukan mulai dari pemeriksaan suhu badan setelah turun pesawat udara, pemeriksaan dokumen kesehatan, pengambilan sample tes RT-PCR, pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, pemeriksaan bea cukai, menunggu hasil tes RT-PCR, pemeriksaan terakhir untuk transportasi dan akomodasi dan penumpang menuju area penjemputan untuk melanjutkan perjalanan ke hotel karantina.

Semua sarana prasarana pendukung pun disiapkan. Mulai dari menyiapkan thermal scanner di area kedatangan penumpang, menyiapkan tempat pemeriksaan bagi petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan dan menyiapkan 28 unit komputer untuk mendukung proses dokumen dan pendataan para penumpang yang tiba dari luar negeri.

Pemerintah sebelumnya merencanakan pembukaan kembali penerbangan internasional pada 14 Oktober mendatang menyusul makin kondusifnya situasi Covid-19 di Bali. “Bandara Ngurah Rai, Bali, akan dibuka untuk internasional pada tanggal 14 Oktober 2021 selama memenuhi ketentuan dan persyaratan mengenai karantina, tes, dan kesiapan satgas,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry Y.A Sikado mengatakan pihaknya bersinergi bersama stakeholder terkait agar semua dapat berjalan lancar. “Sesuai dengan rencana pemerintah untuk membuka penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, kami menyambut antusias hal tersebut, salah satunya dengan melakukan simulasi proses kedatangan penumpang,” kata dia.

Ia pun berharap pembukaan penerbangan internasional di Bali berjalan lancar. “Semoga pembukaan penerbangan internasional dapat berjalan lancar, yang dimana bandara merupakan pintu gerbang awal masuk ke Pulau Dewata yang harus dijaga seiring dengan itu penerapan protokol kesehatan ketat, agar Pulau Dewata kembali pulih seperti dulu,” kata dia.