Bernard Wijaya Berbagi Tips Main Saham buat Pemula

Bernard Wijaya yang masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Indonesia pada Maret 2021, berbagi tips bermain saham untuk pemula.

Chief Executive Officer (CEO) Sucor Sekuritas, Bernard Wijaya berbagi tips bermain saham untuk pemula. Pria yang masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 bidang Financial and Venture Capital pada 2021, ini mengenalkan prinsip 3M plus 1D yang dapat diterapkan oleh anak muda yang ingin masuk ke dunia saham.

Tips pertama, Bernard menyarankan terus menjaga soal mindset. Agar hal tersebut berhasil, maka menjadi penting bagi para milenial supaya tergabung dalam sebuah komunitas yang sesuai.

“Mindset defines everything (pola pikir menentukan semuanya) di dunia saham,” kata Bernard Wijaya kepada Tempo pada Senin, 4 Oktober 2021. “Jadi, punya mindset yang kuat, jangan gampang Fear Of Missing Out (FOMO) alias khawatir ketinggalan, terpengaruh orang lain, harus gigih, pantang menyerah, dan mau berusaha.”

Kedua, belajar metode. Ketika bermain saham, seseorang perlu memahami hal-hal yang fundamental dan teknikal. “Kalau tidak mengerti metodenya, pasti babak belur dan ujung-ujungnya boncos (rugi),” ujarnya.

Ketiga adalah money management. Jangan memasukkan portofolio di satu saham saja, tetapi diversifikasi atau sebar ke berbagai jenis karena nantinya setiap saham akan punya “jalan” masing-masing.

Terakhir, Bernard berpesan supaya tetap disiplin. “Mindset, Method, Money management, dan disiplin (3M+1D) ini bisa kalian pertahankan dan kembangkan dengan cara bergabung ke komunitas yang tepat,” ujarnya.

LAURENSIA FAYOLA