Brembo Perkenalkan Sistem Pengereman Baru yang Dilengkapi AI

Perangkat lunak analisis data dan kecerdasan buatan akan membuat rem Brembo dapat menyesuaikan rem agar sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

Perusahaan manufaktur rem asal Italia, Brembo memperkenalkan sistem pengereman Sensify baru untuk mobil. Hadir dengan inovasi terbaru, sistem pengereman ini sudah dilengkapi teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI).

Melansir laman Rideapart hari ini, Senin, 1 November 2021, sistem pengereman baru ini terdiri dari unit kontrol pengereman, aktuator hidrolik, pengaturan kaliper atau disk standar, serta alat Sensify menyerupai sistem pengereman konvensional. Secara perangkat keras memang masih sama dengan sistem pengereman lain, hanya saja kehadiran sistem perangkat lunak akan membuat perbedaan pada sistem pengereman ini.

Perangkat lunak analisis data dan kecerdasan buatan akan membuat rem Brembo dapat menyesuaikan rem agar sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Sistem pengereman ini dapat digunakan pada berbagai macam kendaraan, mulai dari hypercar, SUV, hingga van komersial.

“Dengan memperkenalkan Sensify, Brembo mendorong batas-batas apa yang mungkin dengan sistem pengereman, membuka peluang yang sama sekali baru bagi pengemudi untuk meningkatkan pengalaman mereka di jalan dan menyesuaikan respons rem terhadap gaya mengemudi mereka,” kata CEO Brembo Daniele Schillaci.

Rem baru ini juga dilengkapi sistem Sensify yang memungkinkan rem dapat beradaptasi dengan berbagai macam cuaca dan kondisi jalan. Pengemudi dapat mengkonfigurasi respon pedal untuk preferensi pribadi mereka dan sistem memungkinkan akutalisasi independen dari roda yang berbeda.

Selain itu, sistem Sensify ini juga akan bertugas mengumpulkan data kinerja rem untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Pembaruan sistem juga akan disiapkan untuk menjaga perangkat lunak bekerja secara optimal dengan kaliper dan rotor.

Brembo mengklaim bahwa teknologi canggih yang saat ini digunakan pada rem baru ini sangat baik dalam hal keselamatan maupun kinerja. Sayangnya sistem pengereman dengan kecerdasan buatan ini baru sebatas diperkenalkan saja, dan Brembo belum akan memasarkan rem terbarunya hingga 2024 mendatang.

DICKY KURNIAWAN | RIDEAPART | WP

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.