Jangan Sembarangan, Begini Cara Aman Membersihkan Kotoran Telinga

Penyeka kapas sejenis cotton bud dapat mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam.

Kendati telinga dapat mengeluarkan resumen atau kotoran telinga dengan sendirinya, bagaimanapun juga pasti Anda tetap tergelitik untuk membersihkan jika zat lilin itu menumpuk di dalam telinga dan mengganggu pendengaran. Padahal membersihkan kotoran telinga disinyalir berbahaya. Adakah cara aman untuk membersihkannya?

Melansir dari webmd.com, idealnya saluran telinga memang tidak perlu dibersihkan. Tetapi jika kotoran telinga terlalu banyak menumpuk dan mulai menimbulkan gejala disebut impaksi serumen, yaitu saluran telinga yang dipenuhi oleh kotoran telinga dan ini bisa terjadi di satu atau kedua telinga.

Melansir dari healthline.com, cara paling aman untuk menghilangkan penumpukan lilin dari telinga adalah dengan mengunjungi dokter. Dokter dapat menggunakan instrumen khusus, seperti sendok serumen, forsep, atau alat pengisap, untuk membersihkan penyumbatan. Jika memilih menghilangkan kotoran telinga di rumah, berikut ini adalah metode paling aman untuk dicoba sendiri:

1. Kain lembab

Penyeka kapas sejenis cotton bud dapat mendorong kotoran masuk lebih dalam ke saluran telinga. Gunakan kapas hanya pada bagian luar telinga. Lebih baik lagi jika menyeka area itu dengan waslap hangat dan lembap.

2. Pelunak kotoran telinga

Banyak apotek menjual obat tetes telinga yang dijual bebas yang dapat melunakkan lilin. Tetes ini biasanya merupakan solusi. Teteskan cairan pelunak kotoran telinga sesuai dosis ke telinga, tunggu beberapa saat, lalu tiriskan atau bilas telinga Anda. Selalu ikuti petunjuk pada paket. Hubungi dokter Anda jika gejala Anda berlanjut setelah perawatan.

3. Bola kapas

Melansir dari laman health.harvard.edu, membersihkan kotoran telinga dapat menggunakan bola kapas. Caranya teteskan beberapa tetes air biasa, larutan garam sederhana, atau hidrogen peroksida ke dalam telinga dengan kepala dimiringkan sehingga lubang telinga mengarah ke atas. Pertahankan dalam posisi itu selama satu menit untuk memungkinkan gravitasi menarik cairan ke bawah melalui lilin. Kemudian miringkan kepala ke arah lain dan biarkan cairan dan lilin mengalir keluar.

Kendati bisa membersihkan telinga sendiri, langkah yang terbaik dan aman adalah mendatangi dokter THT.

HENDRIK KHOIRUL MUHID | EK