Kenali Sederet Fitur Monetisasi Facebook dan Instagram

Facebook berkomitmen mengubah passion para kreator konten menjadi sebuah pekerjaan.

Facebook telah menginvestasikan US$ 1 miliar (Rp 142 triliun) untuk mendukung masa depan kreator konten di platformnya dengan menghadirkan sarana dan produk monetisasi. Media sosial besutan Meta itu berkomitmen mengubah passion para kreator konten menjadi sebuah pekerjaan.

Beberapa sarana dan produk monetisasi di Facebook dan Instagram, di antaranya adalah In-stream ads, Brands Collab Manager, Fan Subscriptions, Stars, dan Paid Online Events. Berikut fungsi detail dari masing-masing fitur tersebut, seperti dikutip website resmi Facebook, Minggu, 31 Oktober 2021:

In-stream ads

Fitur In-stream ads dapat membantu kreator video yang memenuhi syarat untuk menghasilkan uang dengan menyertakan iklan pendek sebelum atau selama video yang memenuhi syarat. Kreator akan mendapatkan porsi pendapatan dari iklan video yang ditampilkan kepada pemirsa.

Brands Collab Manager

Brands Collab Manager atau pengelola kolaborasi merek bisa memudahkan merek menemukan dan menjangkau para kreator untuk kemitraan konten bermerek. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah membuat portofolio sehingga merek dapat mempelajari selengkapnya tentang pengguna.

Misalnya, pengguna dapat menambahkan video unggulan dan hal-hal seperti minat, postingan favorit, dan lokasi. Portofolio pengguna juga akan secara otomatis menampilkan insight pemirsa, data kinerja, dan kemitraan merek di masa lalu.

Fan Subscriptions

Fan Subscriptions merupakan langganan penggemar, pemirsa setia yang bisa mendukung Halaman yang mereka sukai dengan langganan bulanan berulang. Pendukung bisa dimanjakan dengan berbagai keuntungan seperti konten eksklusif, interaksi pribadi, dan lencana pendukung.

Stars

Facebook Stars adalah fitur yang memungkinkan pengguna memonetisasi streaming. Penonton bisa membeli Stars dan mengirimkannya kepada pengguna saat melakukan streaming.

Penggemar juga bisa mengirimkan hadiah virtual animasi yang ditetapkan dengan jumlah Stars berbeda yang akan muncul di streaming pengguna. Untuk setiap Stars yang diterima, Facebook akan membayar pengguna US$ 0,01 (Rp 142).

Paid Online Events

Paid Online Events merupakan acara online berbayar atau cara baru memonetisasi acara online siaran langsung dengan biaya akses satu kali yang dikenakan saat tamu mendaftar untuk hadir. Dengan acara online berbayar, pengguna akan bisa membuat acara, mengenakan biaya kepada orang yang menghadiri acara, mempromosikannya ke pemirsa dan pelanggan, dan menggelar acara, semuanya di satu tempat.

Tamu akan bisa menonton acara pengguna melalui halaman acara Facebook di ponsel, tablet, komputer mereka, atau melalui aplikasi Facebook TV.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.