Maruti Sebut Suzuki Wagon R Listrik Diluncurkan pada 2025

Suzuki Wagon R listrik diperkirakan akan dilengkapi baterai dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Maruti Suzuki India diketahui telah menguji mobil listrik kecil, Wagon R, dalam beberapa tahun terakhir. Mobil itu telah menjalani pengujian di berbagai kondisi jalan di India, mulai perkotaan, pegunungan, hingga kawasan bersalju.

Mengutip laporan candandbike.com, 30 Oktober 2021, Chairman Maruti Suzuki India, RC Bhargava, mengatakan bahwa perusahaan akan memperkenalkan kendaraan listrik pertama pada 2025.

Bhargava mengatakan bahwa peluncuran kendaraan listrik pertama diputuskan oleh prinsipal, Suzuki Jepang. Hanya saja, kata dia, perusahaan (Maruti) akan memperkenalkannya pada 2025. Dia juga menyampaikan kemungkinan produksi kendaraan listrik di India. “Kalau bisa, saya ingin menjual 10.0000 mobil listrik dalam sebulan,” kata Bhargava.

Belum ada spesifikasi detail tentang Wagon R listrik. Dari berbagai laporan media lokal India, Wagon R listrik memiliki dua steker untuk pengisian daya, untuk arus listrik AC berada di depan dan socket untuk arus DC berada di belakang.

Pengisian cepat yang menggunakan arus listrik direct current (DC) memungkinkan baterai mobil itu terisi daya 80 persen, selama satu jam pengisian.

Sedangkan pengisian daya menggunakan arus bolak-balik atau alternating current (AC) memerlukan tujuh jam untuk pengisian hingga baterai penuh. Suzuki Wagon R versi listrik diklaim bisa menempuh 200 kilometer untuk sekali pengisian daya.

Media online di India juga melaporkan bahwa Wagon R listrik akan dipasarkan dengan harga setara Rp 197 jutaan.

Jarak tempuh sejauh itu dibutuhkan untuk menyiasati masih kurangnya infrastruktur pengisian daya di India. Kendati demikian, pihak Maruti Suzuki belum mengumumkan spesifikasi mobil dan baterai yang akan dipakai untuk Suzuki Wagon R listrik.

CARANDBIKE.COM

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.