Patung Karakter One Piece Dibangun di Kumomatu Jepang, ini Alasannya

Luffy dan beberapa karakter tokoh komik One Piece didirikan di Kumamoto, Jepang. Mampu menjadi destinasi wisata baru daerah ini.

Manga One Piece pertama kali terbit di Shueisha Shonen Jump pada 19 Juli 1997. Hingga pertengahan Juli 2020 One Piece telah menjual 490 juta kopi di dunia. Guinness World Record juga mencatat komik ini sebagai pemegang rekor seri komik terlaris oleh satu penulis.

Penulisnya, Eiichiro Oda berasal dari Kumamoto, Jepang. Sejak kecil berangan-angan sebagai bajak laut dan ingin menjadi mangaka alias pembuat komik.

Prefektur Kumamoto pernah diguncang gempa pada 2016. Eiichiro Oda menyumbang banyak untuk membantu pulih dari gempa bumi. Mulai dari menulis pesan dukungan, menggambar karya seni untuk produk lokal hingga menyumbang 800 juta Yen untuk membangun kota kelahirannya.

Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah prefektur Kumamoto membangun patung emas sang kapten One Piece, Monkey D luffy dengan total biaya sekitar 13 juta Yen pada 2018 yang lalu. Letaknya tepat di depan kantor pemerintahan Komomo.

Terdapat patung lainnya dari karakter-karakter One Piece yang dibangun. Patung Usopp diresmikan pada 8 Desember 2019 terletak di depan stasiun Aso dan patung Sanji didirikan di fasilitas olahraga Misakicho Koryu Joho Center.

Grup peneliti sebanyak 66 orang termasuk mahasiswa dari Fakultas Budaya Kontemporer Universitas Shokei melakukan penelitian antara Oktober 2019 hingga Januari 2020 dalam empat fase, termasuk kepada wisatawan yang mengunjungi patung Luffy, tokoh One Piece. Dari hasil penelitian ini, diperkirakan ada 55.211 orang yang mengunjungi patung sang kapten Luffy. Ini membambah sekitar 2.67 miliar Yen atau Rp 370 miliar pemasukan untuk ekonomi lokal.

RAHMAT AMIN SIREGAR