PON XX Papua 2021, Jalan-jalan ke Destinasi Wisata Khalkote Tempatnya Hutan Sagu

Atlet dan wisatawan PON XX Papua 2021 dapat berkunjjung ke Khalkote, sebuah tempat yang dikelilingi hutan sagu -bahan baku papeda.

Khalkote adalah destinasi wisata menarik untuk dikunjungi para atlet dan wisatawan PON XX Papua 2021. Khalkote terletak di tepi Danau Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Para atlet, ofisial, dan tamu Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua bisa mencapai Khalkote dengan mudah. Hanya 10 menit berkendara dari Stadion Utama Lukas Enembe. Peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto mengatakan Khalkote dikelilingi oleh hutan sagu.

“Sekitar 200 meter sebelah barat Khalkote terdapat Situs Yomokho,” kata Hari Suroto. “Situs Yomokho merupakan situs hunian prasejarah. Manusia pernah beraktivitas di sana pada 2590 tahun yang lalu.”

Khalkote yang berupa ruang terbuka itu selama ini menjadi lokasi Festival Danau Sentani -salah satu agenda pariwisata nasional, yang biasanya berlangsung setiap Juni. Di Khalkote terdapat dermaga perahu jika wisatawan ingin menuju Pulau Asei. Penduduk pulau ini terkenal sebagai penghasil lukisan kulit kayu dan bekerja menokok sagu -bahan baku papeda, makanan pokok masyarakat Papua, atau mencari ikan.

Dalam bahasa Sentani, Khalkote terdiri atas dua kata, yakni kha dan khote. Kha bermakna ikan, dan khote artinya tempat bermain. Pada masa lalu, Khalkote adalah hutan sagu yang menjadi habitat buaya. Sesuai adat, penduduk pantang menyebut kata buaya jika melihat buaya. Sebab itu, mereka menyebut buaya dengan kata ikan.